Butuh Bantuan? Customer Service Alat cleaning | tempat sampah | jual peralatan housekeeping hotel | JAVA CLEAN siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Tak Berkategori » Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

Ditulis pada: 16 Agustus 2019 | Kategori: Tak Berkategori

standart  peralatan housekeeping hotel harus terpenuhi dengan baik demi mendukung efektifitas dan efisiensi pekerjaan houseman. Kamar tamu, tangga, ruangan umum, koridor dan tempat penyimpanan linen menjadi bagian dari publik area yang perlu dibersihkan dengan tipe alat tertentu yang memenuhi standar.

Metode dan tipe pembersihan

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai peralatan housekeeping, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu metode dan tipe pembersihan yang perlu dilakukan. Pada dasarnya metode pembersihan publik area dibagi kedalam dua jenis, yaitu metode pembersihan manual dan metode pembersihan menggunakan mesin. Metode manual dipahami sebagai metode pembersihan yang menggunakan tenaga manusia tanpa bantuan mesin, antara lain sebagai berikut:

  1. Dry Dusting, merupakan metode pembersihan permukaan benda dengan tujuan untuk mengangkat debu dengan menggunakan lap kering.
  2. Dump Dusting, adalah metode pembersihan permukaan benda dari debu dan kotoran dengan menggunakan lap lembab.
  3. Sweeping, adalah metode pembersihan permukaan lantai maupun anak tangga dengan cara menyapu menggunakan sapu ijuk/broom, sapu plastik dan sapu lidi.
  4. Moping, metode membersihkan permukaan lantai dari kotoran yang melekat menggunakan mop, bahan pembersih lantai dan floor cleaner.
  5. Menyikat (brushing), merupakan metode pembersihan untuk melepaskan noda atau kotoran yang melekat pada permukaan benda. Dalam metode ini ada 4 jenis sikat yang digunakan yaitu hand brush untuk menyikat dinding, floor brush untuk menyikat lantai kamar mandi, round head brush untuk menyikat langit-langit dan toilet bowl brush untuk menyikat cekungan jamban.
  6. Glass wipping, adalah metode pembersihan noda atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca dengan menggunakan alat khusus yang bernama window wiper dan window washer.
  7. Menggosok (scrubbing), merupakan metode pembersihan peralatan yang terbuat dari bahan kuningan maupun porselen dengan menggunakan alat penggosok dari spon/scouring pad.

Metode pembersihan publik area yang kedua adalah metode pembersihan yang dalam prosesnya menggunakan bantuan mesin, antara lain sebagai berikut:

  1. Floor cleaning machine, merupakan metode pembersihan lantai yang dimulai dari menggosok (scrubbing), menyikat (brushing), memoles/melapisi (buffing) hingga pengkilapan (folishing). Semua langkah tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan 1 alat yang berupa floor maintenance machine.
  2. Carpet washing machine, merupakan metode pembersihan khusus untuk membersihkan karpet dengan menggunakan bantuan roll brush, gagang, motor penggerak, penampung shampoo dan pengatur semprotan. Alat pembersihan dalam metode ini juga dilengkapi dengan blower yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses pengeringan.
  3. Wet vacuuming, merupakan metode pembersihan untuk menyedot kotoran cair yang tergenang di permukaan karpet maupun lantai.
  4. Dry vacuuming, merupakan metode pembersihan untuk menyedot kotoran kering berupa debu yang menempel pada permukaan karpet maupun lantai.

Lantai pada publik area terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu hard floor, resilient, permadani dan lantai kayu. Masing-masing jenis lantai tersebut memiliki metode pembersihan dan alat housekeeping yang berbeda sesuai standar. Menggunakan alat pembersih yang tidak sesuai standar hanya akan membuat pekerjaan menjadi tidak efisien karena waktu pengerjaannya akan lebih lama dan tentunya tidak efektif karena hasilnya belum tentu sesuai dengan standar kebersihan yang telah ditentukan. Oleh karena itu, seluruh peralatan housekeeping harus dipenuhi sesuai dengan standart  peralatan housekeeping hotel. Semakin sedikit jenis alat pembersihan yang dimiliki, maka akan semakin sulit houseman menjalankan tugasnya. Namun sebaliknya dengan dukungan peralatan lengkap sesuai standart  peralatan housekeeping hotel, houseman dapat memenuhi tugasnya untuk membersihkan publik area secara maksimal dan tentunya efektif.

Jenis alat kebersihan housekeeping

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, alat kebersihan housekeeping dibagi menjadi 2 berdasarkan metode pembersihan yang digunakan. Berikut beberapa jenis alat kebersihan yang biasa digunakan oleh houseman.

  1. Sapu dan sikat

Jenis sikat yang digunakan terbuat dari bahan jerami hingga bulu sintetis. Meskipun beragam fungsinya tetap sama yaitu untuk membersihkan kotoran dan debu. Macam-macam sikat yang digunakan diantaranya adalah carpet brush, scrubbing brush, sink brush, toilet brush, soft brush, wall brush dan hand brush.

  1. Alat pel

Alat pel terdiri dari dry dan wet. Penggunaan kedua jenis pel ini tergantung dengan kondisi permukaan lantai. Alat pel dry untuk lantai kering dan wet untuk lantai basah. Kain pel berasal dari bahan katun atau campuran polyester dan katun. 3 macam pel yang sering digunakan adalah dusting mops untuk membersihkan skirting boards, polishing mops untuk membantu proses polishing dan buffing serta washing mops untuk mengepel lantai.

  1. Kain lap dan spons

Spons dan kain lap biasa digunakan untuk membersihkan permukaan yang setengah basah atau lembab. Alat ini harus digunakan bersama dengan MPC (Multi Purpose Cleaner) untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Dust pan

Pengki atau dust pan dibutuhkan ketika houseman menyapu di suatu area. Dust pan menjadi alat pengumpul debu yang cukup mudah digunakan untuk menampung debu sebelum dibuang ke bak sampah.

  1. Ember

Seperti diketahui, fungsi utama ember adalah untuk menampung air. Ember terbagi ke dalam beberapa ukuran. Pada troli housekeeping biasanya sudah terdapat 2 buah ember berwarna merah dan biru. Satu ember biasanya berisikan cairan pembilas dan yang satu lagi berisikan larutan chemical.

  1. Protective gloves

Seorang houseman wajib menggunakan protective gloves saat menjalankan tugasnya. Tujuannya adalah untuk melindungi houseman dari chemical berbahaya atau kotoran serta menjaga higienitas. Gunakan jenis gloves sesuai Occupational Safety and Health (OSH) atau mengacu pada standar keselamatan yang dimiliki perusahaan.

  1. Tempat sampah

Tempat sampah menjadi tempat akhir pembuangan kotoran, debu dan sampah.

  1. Warning sign

Yellow sign atau warning sign memiliki fungsi sebagai tanda peringatan bagi staf maupun tamu yang beraktifitas  di area yang sedang dibersihkan. Warning sign wajib diletakkan saat proses pembersihan berlangsung.

  1. PPE (Personal Protective Equipment)

Personal Protective Equipment meliputi gloves tebal, jaket dan apron, kacamata pelindung, alat pernapasan, sepatu tertutup, masker dan goggles, seragam. Jika objek pembersihan berada di luar ruangan, maka houseman juga wajib mengenakan sun hat, jas hujan dan sunglasses.

Selain peralatan-peralatan manual di atas, housekeeping juga menggunakan beberapa peralatan berbasis mesin seperti carpet extractor, floor maintenance machine, dry foam extraction dan upholstery extraction.

Carpet extraction digunakan untuk mengeluarkan shampoo karpet dan juga menyerap cairan yang sudah kotor. Carpet extraction memiliki sebuah tabung yang digunakan untuk menampung cairan kotor tersebut. Selanjutnya, floor maintenance machine merupakan mesin perawatan lantai yang dapat berubah fungsi menjadi brushing machine, scrubbing machine, buffing machine hingga polishing machine.

Untuk mencuci karpet dengan sistem busa tanpa dibilas, digunakan alat housekeeping berupa dry foam extraction. Sisa busa cuci yang sudah kotor nantinya akan dihisap kembali ke dalam mesin. Demikian, sedikit gambaran mengenai standar peralatan housekeeping. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan peralatan sesuai standart  peralatan housekeeping hotel.

 

Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel | Alat cleaning | tong sampah | jual troli housekeeping

Tags: Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

Belum ada Komentar untuk Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Blog Terbaru

Cara membersihkan tempat sampah

Ditulis pada: 11 September 2019

Sejak kita masih kecil, kita sering diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Baik oleh guru atau orang tua kita. Namun hal itu hanya dianggap sebagai materi dan teori saja yang semakin lama semakin ditinggalkan dan bahkan dilupakan. Terkadang kita sangat... Baca selengkapnya »

alat cleaning

Ditulis pada: 16 Agustus 2019

                                                        Tips Memilih Alat Cleaning Jenis Vacuum Cleaner yang Tepat Pada zaman sekarang... Baca selengkapnya »

Toko Alif Adalah Pakar Kebersihan

Ditulis pada: 16 Agustus 2019

Pada hari ini kami telah membangun sebuah toko modern, dengan satu baris kalimat misi yang berbunyi “untuk mereka yang telah mencapai batas dan bagaimana mereka melampauinya”. Serangkaian alat kebersihan yang tersedia di toko kami memiliki kapasitas sebagai yang terlengkap dan... Baca selengkapnya »

Tong sampah

Ditulis pada: 16 Agustus 2019

                    Mengenal Beragam Jenis Dustbin Dan Tips Tepat Memilihnya Dustbin dalam bahasa Indonesia adalah tempat sampah, dikenal sebagai salah satu jenis alat kebersihan yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kebersihan serta... Baca selengkapnya »

Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

Ditulis pada: 16 Agustus 2019

Jenis Peralatan Sesuai Standart Peralatan Housekeeping Hotel

WhatsApp chat